SETELAH memberikan perlindungan enkripsi terhadap pesan teks, kini penyedia layanan pesan instan WhatsApp akan melakukan hal serupa untuk panggilan suara atau WhatsApp Call.

Dikutip KompasTekno dari The Guardian, Selasa, 15 Maret 2016, WhatsApp berencana menambahkan enkripsi untuk voice call beberapa pekan lagi.

Rencana WhatsApp itu muncul setelah perseteruan antara Apple dan FBI semakin panas. Apple menolak permintaan FBI untuk membuka enkripsi iPhone milik pelaku penembakan di San Bernardino, AS, karena ditakutkan bisa mengancam privasi jutaan pengguna iPhone lainnya.

WhatsApp pun kemudian mencoba melindungi konsumen agar konten dalam voice call layanannya tidak bisa disadap oleh pemerintah AS.

Minggu lalu, Departemen Kehakiman menyoroti penggunaan enkripsi WhatsApp karena kode enkripsi yang dipakai susah untuk dibongkar.

Dengan menambahkan enkripsi di fitur voice call, WhatsApp mencoba meyakinkan penggunanya bahwa aplikasi mereka aman, walau di sisi lain semakin dimusuhi oleh pemerintah AS.

Selain WhatsApp, perusahaan teknologi lain seperti Facebook dan Google telah berkomitmen meningkatkan enkripsi data penggunanya.

Perusahaan-perusahaan teknologi itu menganggap enkripsi yang sulit dibongkar bakal meningkatkan keunggulan layanan masing-masing di mata para penggunanya.

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.[]

KOMPAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.