PESAWAT Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur dilaporkan jatuh pada 17 Juli 2014 di sebelah timur Ukraina. Seluruh penumpang yang berjumlah 280 orang dan 15 orang awak ini dilaporkan tewas.

Pesawat tersebut jatuh 20 mil menjelang masuk wilayah udara Rusia. Jatuhnya pesawat disebabkan terkena peluru kendali atau roket dari peluncur misil saat terbang di ketinggian 33 ribu kaki.Diketahui wilayah timur Ukraina menjadi wilayah yang sedang mengalami konflik yang memanas antara pihak Ukraina dengan pemberontak Pro-Rusia.

Usai kecelakaan tersebut, semua wilayah udara Ukraina timur ditutup hingga ketinggian yang tidak terbatas. Seluruh jalur penerbangan komersial pun dialihkan dari wilayah udara Ukraina. Sejumlah maskapai turut pula mengubah jalur penerbangannya. Mereka memilih rute memutar ketimbang melintasi wilayah tersebut. Padahal, rute yang dilewati pesawat MH17 itu merupakan rute yang umum dilalui pesawat asal Eropa ke negara-negara di Asia Tenggara.[](tempo/youtube)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.