USAI insiden bom bunuh diri di Bandara Brussels, Selasa, 22 Maret 2016, Facebook mengaktifkan fitur ‘Safety Check’ untuk para pengguna media sosial tersebut.

Fitur ‘pemeriksaan keselamatan’ ini dapat digunakan para pengguna Facebook yang berada di Brussels untuk memberitahukan kondisi mereka kepada keluarga dan orang lain.

Lewat fitur itu, pengguna bisa memberikan tanda ‘Safe’ atau ‘Unsafe’ dan ‘Not in the area’, tergantung dari situasi yang dihadapi. Tanda ini juga dapat dibagikan kepada sesama pengguna Facebook.

Fitur itu diluncurkan Facebook pada 2014 tapi baru dipakai setelah serangan teror di Paris tahun lalu. Sebelumnya, fitur ini digunakan untuk kejadian bencana alam.

Selain Facebook, Palang Merah Belanda juga telah membuat situs ‘Ik Ben Veilig’ atau ‘aku aman’ untuk keperluan check in kondisi keamanan. Pengguna bisa mengabarkan kondisi mereka kepada keluarga atau mencari para kerabat.

Bom bunuh diri meluluhlantakkan bagian pelaporan (check in) pesawat American Airlines di Bandara Brussels, Belgia, Selasa pagi. Sementara satu ledakan juga terjadi stasiun Metro. Data sementara, 34 orang tewas dan puluhan orang luka-luka akibat kejadian itu.[]

CNN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.