GUNUNG Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengeluarkan awas panas lagi, Selasa, 17 November 2015. Terlihat tujuh kali semburan awan panas di gunung yang belum pernah berhenti beraktivitas sejak lebih dua tahun terakhir.

Petugas Pos Pengamat Gunung Api Sinabung, Armen, mengatakan peningkatan aktivitas vulkanik terjadi pada Selasa dini hari dan mencapai puncaknya pada pukul 08.00.

Jarak luncuran awan panas, kata Armen, masih mengarah ke tenggara dan timur dengan jarak luncur 3,5 kilometer. “Dibanding hari sebelumnya, aktivitas hari ini sangat tinggi,” ujarnya.

Status Gunung Sinabung masih Awas atau berada di level IV. Sebanyak 9.325 jiwa dengan 2.592 kepala keluarga mengungsi di sembilan posko pengungsian yang telah disediakan pemerintah.

Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo. Bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi kedua di provinsi itu.

Gunung setinggi 2.451 meter itu tidak pernah meletus sejak 1600, tapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada 2010. Letusan terakhir gunung itu terjadi pada September 2013 dan berlangsung hingga kini.(viva.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.