KABAR duka menyelimuti dunia seni tanah air. Drs Suyadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden meninggal dunia pada pukul 22.05 WIB, Jumat malam, 20 Oktober 2015. Tokoh pencipta Si Unyil itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pelni, Jakarta Pusat.

“Betul kabar itu mas, meninggal sekitar pukul 22.00 di Rumah Sakit Pelni,” kata Erwin, relawan Pak Raden saat dihubungi VIVA.co.id.

Sampai sekitar pukul 23.00 WIB, jenazah Pak Raden masih berada di rumah sakit. Belum ada keterangan lebih lanjut di mana dan kapan jenazah akan dikebumikan.

Rencananya jenazah akan dibawa ke rumah duka yang terletak di Jalan Petamburan 3 No.27, Jakarta Pusat. Erwin juga tak banyak berkomunikasi dengan almarhum karena kondisinya yang tidak memungkinkan.

“Pesan terakhir enggak ada karena memang sudah tidak bisa berkomunikasi saat itu,” kata Erwin.

Pak Raden menghembuskan nafas terakhir di usianya yang ke-82. Sebelumnya Pak Raden sudah tak sadarkan diri dan beberapa waktu belakangan karena mengeluh tak enak badan.

Drs. Suyadi lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932. Dia adalah pencipta Si Unyil, sebuah film seri televisi Indonesia. Suyadi menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an.

Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Suyadi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung 1952-1960, lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis pada 1961-1963.(viva.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.