Bank Indonesia bakal meluncurkan uang baru yang disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2014. Uang NKRI ini satu di antara sekian banyak model uang yang telah beredar di dunia perdagangan Indonesia.

Laman Wikipedia menyebutkan, Rupiah sebagai mata uang resmi Indonesia dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Secara tidak formal, orang Indonesia juga menyebut mata uang ini dengan nama “perak”.

Nama Rupiah kerap dikaitkan dengan mata uang India, Rupee. Namun sebenarnya Adi Pratomo, sejarawan uang Indonesia, rupiah diambil dari kata rupia dalam bahasa Mongolia. Rupia sendiri berarti perak. Memang sama dengan arti Rupee, namun rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia karena adanya penambahan huruf ‘h’ di akhir kata Rupia. Sementara Rupee India sebenarnya juga dapat dikatakan turunan dari kata Rupia.

Mata uang rupiah pertama kali diperkenalkan secara resmi sewaktu Perang Dunia II, dengan nama Rupiah Hindia Belanda. Setelah berakhirnya perang, Bank Jawa (Javaans Bank, selanjutnya menjadi Bank Indonesia) memperkenalkan mata uang Rupiah Jawa sebagai pengganti.

Dalam perkembangan selanjutnya muncul Oeang Republik Indonesia atau ORI. Uang ini beredar selama sejak 1945 hingga 1949.

Pada 8 April 1947, Gubernur Provinsi Sumatera mengeluarkan Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera (URIPS). Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaan yang baru.

Ketika itu, Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi Rupiah versi mereka sendiri. Namun penggunaannya dihapuskan pada 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Sejak dimulainya zaman Orde Baru, uang pertama yang dikeluarkan adalah uang kertas seri “Sudirman” dengan pecahan tertinggi Rp10.000. Setelah itu pada 1975, BI mengeluarkan uang kertas pecahan Rp1.000 bergambar Pangeran Diponegoro, Rp5.000 bergambar nelayan, dan Rp10.000 bergambar relief Candi Borobudur.

Saat Orde Baru jatuh berganti ke Reformasi, pecahan Rupiah yang terbesar diedarkan, yaitu Rp100.000 yang bergambar Soekarno, Hatta dan teks proklamasi.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.