BULAN depan, Astronaut NASA Scott Kelly kembali ke Bumi setelah menghabiskan satu tahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), menandai misi terpanjang dalam sejarah Amerika.

Ketika ia akhirnya pulang ke rumah, dia tidak akan hanya menghargai pertemuan kembali dengan keluarganya tetapi juga cuaca.

Kelly mengungkapkan tentang apa yang paling ia rindukan selama misi ruang angkasa dalam sebuah video berjudul “A Year in Space”.

“Apa yang Anda rindukan adalah orang-orangnya, dan kemudian cuaca,” kata Kelly dalam video. “Pergi ke luar, tak akan ada matahari di wajah Anda. Anda tidak pernah merasa angin sesejuk ini. Itu selalu persis sama,” tuturnya.

Kosmonot Rusia Mikhail Kornienko, yang juga menghabiskan satu tahun penuh di ISS bersama Kelly, setuju bahwa sulit untuk pergi begitu lama tanpa berada di alam.

“Anda merindukan Bumi, meskipun ia selalu ada di hadapanmu,” ujar Kornienko dalam video. “Anda merindukan air yang mengalir dari keran dan tidak melayang-layang di sekelilingmu,” imbuhnya.

“Semua hal-hal normal sehari-hari yang sering tidak kita hargai di sini, di atas sana, mereka menjadi sangat penting.”[]

NGC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.