PONTIANAK, ibu kota Kalimantan Barat, punya acara istimewa saat Matahari, Bumi dan Bulan sejajar, yaitu Gowes to Eclipse Pontianak 2016.

Bersepeda santai ini akan dimulai di Taman Digulis di Jalan Ahmad Yani, menuju BPAA Lapan Pontianak. Pesertanya, mereka yang ingin bersepeda sehat seraya menikmati fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT).

Perhelatan itu melibatkan Kementerian Pariwisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Barat, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Aspersi) Kalbar, Lapan Pontianak, dan warga kota di bawah garis khatulistiwa itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan gagasan itu sederhana, tapi respon masyarakat luar biasa. Karena, kata Arief, orang butuh saling bercerita soal gerhana. “Atraksi besarnya dibuat Tuhan, kita tinggal memeriahkannya dengan berbagai event,” ujarnya.

Ada doorprize menarik bagi peserta. Juga ada kuis seputar GMT. Semuanya disiapkan Aspersi Kalbar.

Lapan juga tak mau ketinggalan. Muzirwan, kepala BPAA-Lapan Pontianak, mengatakan siap memfasilitasi mereka yang berminat melihat GMT  dengan teleskop Sky Rover, 180 kacamata khusus, dan live video streaming dari berbagai daerah yang dilintasi GMT di 12 propinsi di Indonesia.

“Video streaming ini difasilitasi Kominfo, dan kami juga mengundang 18 sekolah dan perguruan tinggi untuk mengedukasi masyarakat,” ungkap Muzirwan.

Ada dua lokasi yang untuk melihat GMT, Ketapang dan Sukadana. Di dua lokasi ini, GMT akan berlangsung dua menit. “Kami akan mendisplay Gowes to Eclipse Pontianak di setiap hotel dan restoran,” kata Yuliardi Qamal, ketua PHRI Kalbar.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.