SMA Negeri 1 Calang menggelar turnamen bola voli antarpelajar tingkat SMA/SMK se-Aceh Jaya. Turnamen yang diberi nama ‘SMANSA Calang Cup 2016’ itu digelar sejak 31 Oktober hingga 11 November 2016, di lapangan bola voli SMA Negeri 1 Calang.

Kepala SMA Negeri 1 Calang Tarmizi mengatakan turnamen diadakan untuk memperingati momen Sumpah Pemuda sekaligus ulang tahun ke 33 sekolah tersebut. “Tujuannya membangkitkan kembali gairah persatuan pemuda pada tingkat pelajar dan memberikan pengalaman bertanding kepada pelajar,” ujarnya. Ia berharap dari turnamen itu bakal lahir atlet-atlet voli berprestasi untuk Aceh Jaya.

Turnamen yang dibuka Ketua KONI Aceh Jaya Muslim Hs tersebut diikuti 16 tim dari seluruh Aceh Jaya. Di antaranya, SMAN 1 Jaya, SMAN1 Sampoiniet, SMAN 2 Sampoiniet, SMAN 1 Darul Hikmah,  SMAS Al Anshar, SMAN 1 Setia Bakti, SMAS Darul Abrar, SMAN 1 Calang A, SMAN 1 Calang B, SMAN 1 Krueng Sabee, SMAN 1 Panga A, SMAN 1 Pangan B, SMAN 1 Teunom, SMKN 1 Darul Hikmah, SMKN1 Krueng Sabee dan SMKN Panga.

Ketua Panitia Muhajir mengatakan penjurian turnamen menggunakan sistem gugur. “Finalnya direncanakan pada 11 November nanti,” ujar Muhajir. Kepada para juara diberikan trofi dan uang pembinaan. Juara pertama, kata Muhajir, diberikan uang pembinaan Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta dan juara ketiga Rp1 juta.

Sekretaris panitia Muhammad Yusuf mengatakan pertandingan itu mendapat sambutan hangat di kalangan peserta maupun masyarakat Calang. Apalagi, kata dia, bola voli salah satu olahraga yang sangat diminati kaum muda Aceh Jaya. “Dari beberapa pertandingan yang telah dilangsungkan, penonton yang turut menyaksikan bukan hanya dari kalangan pelajar tapi masyarakat di sekitar Calang,” ujar Yusuf.

Beberapa pelatih dan pemain dari tim peserta menginginkan turnamen seperti itu digelar rutin. Selama ini, kata pelatih tim voli SMK Negeri 1 Calang, Sukardi, turnamen untuk tingkat pelajar jarang dilakukan. “Dengan ada turnamen seperti ini tentu sangat sangat bagus dalam mencari bibit baru,” ujarnya.

Sementara Muhammad Ali, pelatih tim voli SMA Negeri 1 Teunom, mengatakan sebaiknya turnamen diadakan setiap tahun agar kegiatan ektrakurikuler di setiap sekolah lebih aktif lagi.

Salah seorang pemain dari tim voli SMA Negeri 1 Calang, Nasrullah, menilai dengan adanya turnamen itu ia dapat bersilaturahmi dengan para pelajar dari sekolah lain. “Selain itu juga dapat menguji kemampuan kami dalam bermain voli,” ujarnya.[] RILIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.