PERDANA Menteri Inggris David Cameron membeli mobil bekas seharga 1.500 pounds atau sekitar Rp29 juta untuk istrinya, Samantha.

Mobil yang dibeli Cameron bermerek Nissan jenis Micra di sebuah showroom kawasan Minster Lovell, Oxfordshire, pada Jumat, 20 Mei 2016.

Pemilik showroom, Harris, 44 tahun, menuturkan, awalnya ia ditelepon saat berada di kantornya di Pusat Mobil Bekas Witney, wilayah pemilihan sang perdana menteri.

Harris berpikir telepon dari tim keamanan PM yang mengatakan bahwa David Cameron tertarik pada mobil itu adalah sebuah ‘tipuan.’

“Saya pikir itu telepon dari salah satu teman yang akan menipu dan saya hanya duduk-duduk di sini tidak melakukan apapun selama setengah jam. Terutama saat dia bilang menginginkan Nissan Micra.”

Namun, pesana mobil lewat telepon itu sesuai kenyataan. Cameron kemudian datang ke showroom untuk melihat mobil warna biru tersebut.

Saat melihat mobil tersebut, Cameron meminta petugas keamanan  berdiri di belakang mobil untuk memastikan lampu rem belakang berfungsi.

Ketika itu, kata Harris, dia tak tahan untuk mencandai sang PM bahwa beruntung mobil itu tidak berwana merah – warna Partai Buruh. “Untungnya, warna mobil tersebut tepat untuk dia,” kata Harris.

Harris menambahkan: “Itu agak surealis, tapi bagaimanapun juga dia hanya seorang pria biasa yang ingin membelikan mobil untuk istrinya. Kami mengobrol normal seperti yang lainnya, dalam kesepakatan jual beli dan cuma itu saja.”

David Cameron dan istrinya memang dikenal sebagai pasangan pejabat yang ‘merakyat’. Pada 11 Desember 2011, Samantha Cameron mengejutkan banyak orang ketika terlihat berbelanja seorang diri di Ikea, London. Ia tidak didampingi seorang pun pengawal atau pembantu yang siap membantunya membawa barang-barang belanjaannya.

Tanpa terlihat canggung, istri orang nomor satu di pemerintahan Inggris itu terlihat mengangkat sendiri barang-barang belanjaan keperluan rumah tangga, lalu meletakkannya di troli.

Yang dilakukan Samantha rupanya membuat banyak orang terkesan. “Dia berusaha berbaur dengan pembelanja lain dan sangat menikmati menjadi orang biasa yang sedang berbelanja. Mengesankan sekali istri seorang perdana menteri tidak mengharap perlakukan khusus,” kata seorang pembelanja.[] BBC | KOMPAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.