PANITERA Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Syamsir Yusfan, mengaku menerima duit langsung dari Otto Cornelis Kaligis sebesar USD 1.000. Selain itu Syamsir juga menerima 1.000 USD dari anak buah Kaligis, Moh. Yagari Bhastara Guntur alias Gary.

“Dari Pak OC pernah sekali, (bilang) ‘ini untuk kamu’. 1.000 dollar,” kata Syamsir bersaksi untuk OC Kaligis dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2015.

Syamsir mengaku lupa tanggal pemberian duit tersebut. Namun pemberian dilakukan saat Kaligis yang ditemani anak buahnya bertemu Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro untuk konsultasi permohonan pengujian yang akan diajukan ke PTUN Medan.

Sedangkan duit USD 1.000 dari Gary, menurut Syamsir diterima usai putusan PTUN atas permohonan pengujian kewenangan Kejaksaan Tinggi Sumut terhadap surat pemanggilan pejabat Pemprov Sumut dan penyelidikan perkara dugaan korupsi dana bansos, dibacakan putusannya pada 7 Juli 2015.

“Iya, 1 kali setelah putus sidang ‘ini untuk kau’, USD 1.000,” sebut Syamsir.

Dalam persidangan, Syamsir menuturkan, hanya berkomunikasi dengan Kaligis bila advokat senior yang ditunjuk menjadi kuasa pejabat Pemprov Sumut, Ahmad Fuad Lubis, itu hendak menemui Ketua PTUN Tripeni Irianto Putro.

“Nggak pernah (bicara) panjang-panjang hanya berjumpa misal bapak mau ketemu Pak ketua,” ujar Syamsir.

Kaligis didakwa secara bersama-sama dengan Gary, Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti menyuap Hakim dan panitera pada PTUN Medan. Kaligis didakwa memberikan duit suap total USD 27 ribu dan 5 ribu dollar Singapura (SGD).

Dengan pemberian duit ini, Kaligis berupaya mempengaruhi majelis hakim agar membuat putusan sesuai dengan petitum permohonan yaitu permintaan keterangan terhadap pejabat Pemprov yakni Fuad Lubis (Kabiro Keuangan Pemprov Sumut) dan Sabrina selaku Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Pemprov Sumut dinyatakan tidak sah dan untuk permintaan keterangan harus ada pemeriksaan pengawasan internal terlebih dahulu.(detik.com)

Baca Juga:

Tangkap Hakim PTUN Medan, KPK Sita Ribuan Dolar AS

Di KPK, Gubernur Sumut dan Istri Mudanya Bungkam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.