JIKA mendengar makanan khas Palembang, yang terbayang di benak pertama kali mungkin Pempek. Kuliner olahan ikan ditambah cita rasa manis pedas dari kuahnya itu memang identik dengan ibu kota Provinsi Sumatra Selatan.

Tapi pernahkah mendengar Celimpungan?

Santapan satu ini bersaudara dengan Tekwan. Salah satu kuliner khas Palembang yang berbahan dasar ikan yang diolah menjadi bakso. Tekwan hampir mirip dengan bakso yang dibuat dari daging sapi pada umumnya. Memiliki kuah bening yang dicampur saos atau kecap dan sambal sesuka penikmatnya.

Bedanya dengan Tekwan, Celimpungan memiliki kuah kari bersantan. Inilah yang menjadi daya tarik pemikatnya. Kuah kari kuning pekat menjadi penguat cita rasa bakso ikan yang disajikan.

Proses pembuatannya sama halnya seperti tekwan atau pempek. Campuran sagu dengan ikan dibentuk lonjong dan direbus. Kemudian dimakan dengan kuah santan kari yang nikmat.

Akan lebih enak jika disajikan dan disantap saat kuahnya masih panas. Ditambah sambal untuk menciptakan rasa pedas yang semakin melezatkan.

Celimpungan biasanya juga disajikan dengan lontong dan sayur serta lauknya. Makanan ini salah satu menu favorit saat hari raya.[]

VIVA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.