MENTERI Perdagangan dan Investasi Australia Andrew Robb akan memimpin misi bisnis perdagangan dan investasi terbesar Australia ke Indonesia pekan ini. Misi ini untuk menyoroti kemampuan Australia di sektor-sektor industri utama.

Lebih dari 360 pebisnis senior akan menemani Robb selama Pekan Bisnis Indonesia-Australia atau Indonesia–Australia Business Week (IABW) 2015 sejak 17 hingga 20 November 2015. Mereka datang dari berbagai industri seperti infrastruktur, pabrikan maju, pertanian dan keberlangsungan pangan, pangan dan minuman bermutu tinggi, perawatan kesehatan dan manula, sumber daya dan energi, pendidikan dan pariwisata.

IABW, kata Robb, bertujuan memajukan Australia sebagai tujuan dagang, investasi, pendidikan dan wisata melalui pertukaran politik serta bisnis tingkat tinggi.

“Hubungan bilateral Australia dengan Indonesia paling penting bagi kami. Kami sangat saling mengisi dalam keterampilan dan kekuatan masing-masing sehingga ada potensi besar untuk menumbuhkan kemitraan ekonomi kita,” ujar Robb dalam rilisnya kepada cerana.net, Senin, 16 November 2015.

Hingga kini, kata dia, sekitar 250 bisnis Australia hadir di Indonesia dan Robb berharap akan ada peningkatan jumlah.

“Perdagangan barang dan jasa dua arah hanya senilai $A16 miliar, ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan beberapa kemitraan kami lainnya di kawasan,” ujarnya.

Australia, kata Robb, berusaha keras mendorong lebih banyak bisnis dari negara Kangguru itu hadir di Indonesia, untuk membantu mengembangkan hubungan, minat dan kepercayaan timbal balik kedua negara.

Pekan Bisnis Indonesia–Australia dinilainya peluang membangun hubungan yang dibutuhkan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan bisnis kedua negara.

“Serta untuk mencari kiat memanfaatkan pasar lebih dari 250 juta orang yang tumbuh dengan cepat tepat di depan pintu kita, yang mencakup meningkatnya kelas menengah.”

Robb pada Selasa besok akan menyampaikan pidato utama di pertemuan Indonesia-Australia Business Council di Yogyakarta. Ia juga akan menyelenggarakan berbagai pertemuan investasi di sepanjang pekan.

Robb akan disusul oleh Menteri Pariwisata dan Pendidikan Internasional, Richard Colbeck; Menteri Kesehatan, Perawatan Manula dan Olah Raga, Sussan Ley; serta Menteri Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan, Peter Dutton, dan beberapa menteri negara bagian Australia.(rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.