KULINER nusantara merupakan kebanggaan warga Indonesia. Tiap daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik dan penuh cita rasa.

Indonesia juga dikenal sebagai negeri kaya kuliner. Tak hanya hasil alam yang melimpah, namun juga dari beragamnya suku sehingga menghasilkan macam kuliner yang menggugah selera para wisatawan mancanegara.

Di Indonesia bagian barat, misalnya di Aceh, ada Ayam Tangkap, Kuah Beulangong dan Mie Aceh yang patut untuk dicicipi. Di Sumatera Utara ada Saksang, Pelleng, Arsik, atau Naniura. Jangan lupa juga menjadikan Bika Ambon dan Bolu Meranti sebagai oleh-oleh. Makanan khas seperti Nasi Lemak dan Belacan, juga tidak kalah terkenalnya.

Sementara di Sumatera Selatan, ada Pempek dan Tekwan khas Palembang sebagai kuliner yang sangat wajib dipilih untuk memanjakan lidah.

Untuk Indonesia bagian tengah, Kalimantan juga sangat oke. Di situ ada Lempok Durian khas Pontianak, Soto Banjar dari Banjarmasin, Chai Kue Pontianak, Bubur Pedas ala Kalimantan Barat. Di Balikpapan dan Samrinda ada Pisang Gapit. Juga Mie Sagu, Gaguduh, dan Tempoyak yang juga luar biasa enaknya.

Sementara untuk Indonesia timur, Sulawesi juga mampu membuat wisatawan terpukau dengan Coto Makassar, Sop Konro, dan Es Pisang Ijo atau Pallu Butung.

Di Sulawesi Selatan ada menu ikan Cakalang. Tinutuan dan Bubur Manado dari Sulawesi Utara. Di daerah Maluku ada makanan Papeda. Jika sedang berwisata di Lombok pasti wisatawan terpukau dengan Ayam Taliwang  dan sambal Colo-colo.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.