SUKA menyantap hidangan daging kambing tapi takut dihinggapi kolesterol dan darah tinggi? Tenang saja, ada beberapa makanan-makanan pendamping yang dapat disantap untuk mengakalinya. Berikut ini lima makanan pelengkap yang “wajib” Anda makan saat menyantap hidangan dari daging kambing:

Acar Timun dan Bawang Merah

Kedua makanan ini dapat membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging. Bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Teh

Selain dapat melepas dahaga, segelas teh tawar bisa menjaga kadar kolesterol LDL. Anda bisa memilih teh hitam yang sedikit pekat atau teh putih yang lebih ringan. Segelas teh hijau juga bisa dijadikan alternatif sehat. Pasalnya minuman ini mengandung katekin yang ampuh untuk membersihkan kolesterol jahat dalam darah.

Jeruk

Tidak suka mengonsumsi teh tawar? Kalau begitu ganti saja dengan jus jeruk tanpa gula. Minuman yang terbuat dari buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan limau mengandung pectin. Dilansir Dr. OZ, pectin ini bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

Jus jeruk dalam kemasan juga bisa dipilih sebagai alternatif. Jus seperti ini biasanya ditambahkan phytosterol. Phytosterol merupakan kolesterol baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sambal Tomat

Kalau Anda menyantap iga bakar atau kambing guling, coba siapkan sambal tomat matang sebagai pelengkap. Dilansir Daily Health Post, tomat tinggi kandungan lycopene yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Tomat yang sudah mengalami proses pemanasan mengandung lycopene dengan kualitas yang lebih baik. Rebus atau bakar sedikit irisan tomat sebelum diolah menjadi sambal untuk dapatkan khasiat terbaiknya.

Almond

Tak ada salahnya mengakhiri acara bersantap daging kambing dengan ngemil almond. Menurut Dr. Oz, almond mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL dalam darah. Selain itu lemak tak jenuh dalam almond juga mencegah LDL teroksidasi.

Jika tak ada almond, Anda bisa menggantinya dengan kacang tanah atau kedelai. Tetapi hindari kacang yang diolah dengan cara digoreng.(merdeka.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.