SEBUAH kapal selam Jerman (biasa disebut Unterseeboat atau U-Boat) dengan nomor lambung 168 ditemukan di Laut Jawa. Kapal tersebut tenggelam setelah dihantam torpedo H.N.M.S. Zvaardvish, kapal milik Belanda. Kapal tersebut sedang dalam misi membantu Jepang di kawasan Asia selama Perang Dunia II.

Kapal U-168 dilengkapi empat torpedo di bagian depan. Dalam dokumen pemeriksaan oleh sekutu terhadap awak kapal tersebut dijelaskan bahwa teknologi torpedo yang digunakan berbasis udara dan listrik.

Padahal Nazi Jerman sudah memiliki torpedo dengan teknologi suara. Namun Jerman sengaja menggunakan teknologi listrik di kawasan Asia yang beriklim tropis.

Selain itu, kapal tersebut dilengkapi sebuah senjata berat kaliber 105 milimeter di bagian dek depan. Senjata kaliber 37 milimeter di menara dan dua senjata berat 20 milimeter.

Di dalam dokumen tersebut dijelaskan, meski sudah tahu akan diserang oleh Belanda, U-168 tidak melakukan antisipasi. Kapal ini ditembak tepat di bagian ruang torpedo.(tempo.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.