LOUIS van Gaal telah resmi ditendang oleh Manchester United. Pelatih asal Belanda itu dicopot dua hari setelah menyumbang gelar Piala FA, Sabtu pekan lalu. Itu trofi pertama Van Gaal di United setelah mengalahkan Crystal Palace 2-1 di babak final.

Sebelum pengumuman resmi dirilis klub, sejumlah media lokal telah membocorkan manuver Setan Merah terkait nasib sang pelatih. Namun pengumuman resmi baru dikeluarkan Executive Vice Chairman, Ed Woodward, melalui situs klub, Selasa dini hari, 24 Mei 2016.

“Kami ingin berterima kasih kepada Louis van Gaal dan staf-nya atas kerja sama yang luar biasa selama dua tahun yang berujung penyamaan rekor 12 gelar Piala FA,” kata Ed Woodward.

Yang santer terdengar kemudian MU kemungkinan bakal menggunakan jasa Jose Mourinho. Pengumumannya dilakukan Rabu, 25 Mei 2016.

Jika The Special One pasti menangani Setan Merah, atmosfir Liga Inggris musim depan diprediksi bakal lebih panas. Pasalnya, rival sekota United, Manchester City sudah merekrut Josep Guardiola sebagai pelatih. Guardiola, yang baru merebut dua gelar juara bersama Bayern Muenchen, akan menggantikan Manuel Pellegrini di Etihad Stadium.

Sebelumnya, ketika pengumuman soal Pep keluar, banyak media Inggris yang beranggapan mantan pelatih Barcelona itu akan membuat City susah ditandingi. Kini, dengan kehadiran Mourinho, ceritanya akan berbeda.

Mourinho dan Guardiola sudah saling kenal 20 tahun lalu ketika Mourinho menjadi asisten Sir Bobby Robson di Barcelona. Saat itu, Pep menjadi salah satu pemain.

Keduanya kemudian menjadi rival ketika berada di Liga Spanyol. Dalam 16 laga, Guardiola memenangi tujuh pertandingan bersama Barcelona, sedangkan Mourinho tiga saat membesut Real Madrid. Artinya, ada beban pembuktian yang harus dilakukan Mourinho saat kembali menghadapi Guardiola. Persaingan sengit keduanya di Liga Spanyol dulu, akan terbawa ke Inggris.

Bersama Mourinho, United juga berharap bisa kembali memerahkan Manchester setelah sekian lama City lebih menjadi penguasa kota itu berkat trofi-trofi yang dikumpulkannya.[] TEMPO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.