AKTOR Jackie Chan akan mendapat penghargaan Oscar untuk lifetime Achievement pada 2016 Governors Awards 2016. Hal itu diumumkan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Kamis, 1 September 2016.

Aktor berusia 62 tahun itu akan mendapat penghargaan bersama sutradara film dokumenter Frederick Wiseman, Anne V Coates (penyunting) dan Lynn Stalmaster (casting director).

Masing-masing akan menerima piala Oscar sebagai pengakuan atas kontribusi mereka dalam dunia film. Governors Awards 2016 akan digelar dalam sebuah acara di Los Angeles pada November 2016.

Presiden Academy Cheryl Boone Isaacs memuji mereka sebagai pelopor dan legenda dalam bidang masing-masing.

Jackie Chan lahir di Victoria Peak, Hong Kong, dengan nama Chan Kong Sang yang berarti “dilahirkan di Hong Kong”. Anak dari Charles dan Lee-Lee Chan, pengungsi dari masa Perang Saudara Cina, ini dijuluki Pao Pao (peluru meriam) karena dia selalu berguling-guling ketika masih bayi.

Orang tuanya bekerja pada Kedutaan Perancis untuk Hong Kong, sehingga otomatis Jackie menghabiskan masa kecilnya di lingkungan kediaman kedutaan di daerah distrik Victoria Peak.

Jackie Chan bersekolah di Nah-Hwa Primary School di daratan Hong Kong. Sayangnya, ia tidak lulus sehingga orang tuanya mengeluarkannya dari sekolah.

Pada 1960, ayahnya beremigrasi ke Canberra, Australia dan bekerja sebagai kepala juru masak untuk kedutaan Amerika. Jackie Chan lalu disekolahkan ke Chinese Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Peking.

Selama bersekolah di sana, ia banyak mendapatkan pelajaran berharga dan memiliki keahlian di bidang seni bela diri kung fu dan akrobatik.

Beberapa kali dia pernah ikut dalam kelompok Seven Little Fortunes, sebuah kelompok penampil yang diambil dari murid-murid terbaik sekolah tersebut. Ia mendapatkan nama panggung Yuen Lo atas pencapaiannya. Kala itu, ia berteman dekat dengan Sammo Hung dan Yuen Biao. Tiga serangkai ini kemudian terkenal dengan julukan Tiga Bersaudara atau Tiga Naga.

Jackie Chan mulai berakting di usia delapan tahun. Sejak itu ia sudah membintangi, kadang menulis dan menyutradarai, lebih dari 30 film berlatar belakang seni beladiri di Hongkong.

Ia juga menjadi pemeran utama film-film produksi Hollywood seperti Kung Fu Panda, The Karate Kid, dan Rush Hour.

Namun, sebelum mencapai peran utama, di umurnya yang menginjak 17 tahun, ia pernah bekerja sebagai peran pengganti dalam film-film Bruce Lee berjudul Fist of Fury dan Enter the Dragon. Saat itu, Jackie Chan menggunakan nama panggung Chen Yuen Long.

Pada Agustus lalu, Jackie Chan dinyatakan sebagai aktor berpenghasilan kedua terbesar 2016 versi majalah Forbes, di bawah Dwayne Johnson, pemeran Fast and Furious. Jackie tercatat menghasilkan 61 juta dollar AS atau sekitar Rp 808 miliar.[]

KOMPAS | WIKIPEDIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.