YOUTUBE, situs berbagi video milik Google merilis video terlucu yang pernah diposting oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Video terlucu menurut Google itu berjudul “NONONONO Cat” yang diunggah pada 2011 oleh akun MrDron059. Video ini telah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Dibandingkan jumlah view, “NONONONO Cat” masih kalah dibandingkan video lainnya seperti “Charlie bit my finger – again” dan “Gangnam Style – PSY”.

Bagaimana caranya Google menentukan video tersebut sebagai yang terlucu? Google selama ini dikenal sebagai perusahaan raksasa internet yang terus berinovasi meningkatkan kemampuan engine atau software algoritma di berbagai situs miliknya, termasuk YouTube.

Google menginginkan algoritma itu menjadi sebuah kecerdasan buatan atau artificial intelligent yang mumpuni. Kali ini, tim Google membuat sebuah formula atau algoritma yang bisa menentukan video terlucu di YouTube. Hasilnya, menurut algoritma itu, video terlucu di YouTube adalah “NONONONO Cat”.

Seorang tim Google, Sanketh Shetty, mengatakan kunci formula terletak pada bagaimana orang-orang menuliskan komentar. Formula itu menggabungkan kebiasaan dan komentar-komentar dari pengguna atau user. Contohnya, kata LOL (Laugh Out Loud).

“Kami memperhatikan para penonton memberikan reaksi video lucu dalam beberapa level yaitu “LOL” dengan huruf besar, “loooooool”, pengulangan “lolololol”, pernyataan “lolllll!!!!!”, atau kombinasi di antaranya,” ujar Shetty.(youtube.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.