KALIMANTAN Selatan akan menggelar acara khusus di tiga kabupaten menyambut fenomena semesta gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

”Akan kami kombinasikan antara event dan religi, menjadi sebuah atraksi yang menarik. Kami akan salat gerhana di Banjarmasin, karena itu disunnahkan. Lalu disambung dengan musikalisasi puisi dan teater,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Mohandas Herno Hendrawan.

Ketiga kabupaten tersebut Tabalong, Amuntai dan Balangan. Selain itu, kata Mohandas, event juga dipersiapkan di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

”Semua akan kami buat bahagia dengan adanya Food Festival dikombinasikan dengan musik jalanan dan seni tari. Tentunya, musik daerah dengan lagu-lagu daerah hingga musik Jazz dan pop modern. Semua kami laksanakan di Siring Sungai Martapura Menara Pandang,” ujarnya.

Sementara di Banjarbaru, atraksi yang disuguhkan adalah paket city tur gratis dan lomba foto gerhana serta potensi pariwisata lainnya.

Kalimantan Selatan merupakan satu dari 12 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total. Di Tabalong posisi gerhana adalah 115 22.00 Bujur Timur-2 10.00 Lintang Selatan dengan durasi 2 menit 28 detik.

Di Amuntai, gerhana bisa disaksikan pada posisi 115 14.00 Bujur Timur-2 25 Lintang Selatan selama 1 menit 50 detik. Adapun di Balangan posisinya di 115 25 Bujur Timur-2 19 Lintang Selatan dengan durasi 2 menit 8 detik.

“Kita menargetkan sekitar lima ribu wisatawan masuk Kalsel saat gerhana matahari total mendatangi kami,” ujar Mohandas.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.