BANDUNG, Para pemilik kendaraan bermotor, terutama di wilayah Jawa Barat, bisa kembali mengajukan pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) ke Samsat terdekat. Selama tiga bulan terakhir warga tidak dapat mengajukan pembuatan STNK dan BPKP karena stok blangko untuk dua jenis domkumen itu habis atas kosong di seluruh Indonesia.

Kondisi kekosongan itu telah dinyatakan dalam Surat Telegram Kapolri nomor STR/72/II/2013 per 14 Februari 2013. Surat tersebut menyatakan adanya kekurangan materil BPKB yang diperkirakan habis April 2013.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Martinus Sitompul, mulai pekan ini, blanko untuk membuat surat-surat kepemilikan kendaraan bermotor tersebut sudah tersedia lagi. Mabes Polri pun akan mendistribusikan seluruh blangko pembuatan STNK dan BPKB mulai awal pekan ini. “Paling tidak, Kamis (5/9/2013) atau Jumat (6/9/2013) jatah bahan baku pembuatan STNK dan BPKB sampai di Polda Jabar. Kemudian di distribusikan lagi ke instansi terkait (Samsat),” kata Martinus di Bandung, Minggu (1/9/2013).

Ia menambahakan, apabila blangko sudah sampai di Polda Jabar, proses pendistribusian akan dimaksimalkan sampai tepat waktu di semua daerah di Jawa Barat.

Polri, lanjut Martinus, sempat menggunakan anggaran sendiri untuk pengadaan blangko. Namun, pengadaan tersebut telah dilarang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena itu Polri harus menunggu sampai ada pemenang lelang sebelum blangko bisa dicetak.

Jika blangko tersebut telah tersedia, petugas Samsat akan kembali menghubungi masyarakat yang sempat tertunda pembuatan atau perpanjangan surat-surat kepemilikan kendaraan. Mereka yang akan dihubungi adalah yang telah terdaftar sebelumnya. “Kan, ada datanya waktu masyarakat mengajukan pembuatan atau perpanjangan, dan sementara digantikan dengan kertas notification,” terang Martinus.

Masyarakat yang memiliki kendaraan melalui program kredit, kata Martinus, petugas leasing yang akan menghubungi mereka. (kompas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.