AKTOR senior dan sutradara Didi Widiatmoko atau lebih dikenal dengan nama Didi Petet meninggal dunia pada usia 58 tahun, Jumat pagi, 15 Mei 2015. Didi Petet meninggal dunia di rumahnya, Jalan Bambu Apus Nomor 75 Kedaung, Ciputat, Tangerang Selatan.

“Beliau meninggal pukul 05.30 di kediamannya,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf saat dihubungi Antara News.

Triawan, yang mendapat kabar duka dari keluarga almarhum, mengatakan Didi Petet kelelahan setelah pulang dari Milan mengurusi Pavilion Indonesia di World Expo Milano 2015.

“Sakit, kelelahan, asam lambung naik setelah pulang dari Milan,” ujar ayah dari Sherina Munaf itu.

Menurut dia, kondisi Didi Petet sudah melemah sejak di Milan dan sempat dirawat di rumah sakit Milan sebelum pulang ke Indonesia pada 9 Mei 2015.

Sutradara Garin Nugroho mengungkapkan sebelum meninggal, Didi Petet memang tengah terkuras tenaga dan pikirannya acara di Italia itu.

Dalam World Expo Milano 2015, Didi bertindak sebagai ketua dan bertanggung jawab atas delegasi dari Indonesia. “Dia sempat sakit. Dia harus bertanggung jawab untuk acara itu sedangkan dukungan dari pemerintah bisa dibilang kurang,” kata Garin saat dihubungi Metrotvnews.com.

Didi harus mencari cara menghimpun berbagai dukungan swasta demi berlangsungnya acara yang memperkenalkan kultur budaya Indonesia ke tingkat dunia itu. Bahkan, lantaran minimnya dana yang dimiliki, dalam acara itu Indonesia melalui tim yang dibawa Didi hanya tampil selama dua hari, dari jadwal tiga hari yang seharusnya digelar.

Didi pun sempat dirawat di rumah sakit saat berada di Milan. Sepulangnya dari sana kondisinya memburuk.

“Saat syuting akhir-akhir (Guru Bangsa Tjokroaminoto) Didi sudah mulai sakit-sakitan, dia kelelahan mengurus Expo Milano itu,” tukas Garin yang menjadi sutradara dalam film yang melibatkan Didi itu.

Kepergian Didi Petet membuat dunia hiburan berduka. Banyak artis yang kaget. Di akun instagram miliknya, Happy Salma mengungkapkan kesedihan atas meninggalnya Didi Petet. “Selamat jalan akang, sahabat, dan guru.. Masih terasa sapa dan nasehatmu yang penuh arti, selalu.. Innalillahi wainaalillahi rojiun,” begitu Happy Salma menulis.

Lewat akun twitter @corbuzier, Deddy Corbuzier juga mengungkapkan rasa kehilangannya. ” Selamat jalan Kang Didi Petet.. Ur one of my Inspiration. We will miss you.”

Lain halnya dengan Dik Doank. Seniman yang hadir melayat ke rumah duka Didi Petet ini, menilai pasti banyak yang iri karena aktor itu meninggal dunia di antara dua hari besar. “Meninggalnya setelah Isa Almasih dan sebelum Isra Mi’raj. Saya rasa banyak yang iri, ya,” katanya. Pada 14 Mei kemarin, bertepatan dengan kenaikan Isa Almasih. Sementara besok, 16 Mei, adalah hari Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad.

Selama mengenal Didi, Dik mengaku banyak belajar kepada aktor senior itu. Salah satu yang diingatnya adalah totalitasnya dalam berkarya.

“Dia orang yang totalitas, kita berkarya bukan untuk mencari hidup tapi menyatakan hati kita,” ujarnya.

Pendiri kandang jurang itu juga mengatakan, tak sedikit kerjasama yang telah mereka jalani. Apalagi, Didi juga selalu memberikan ide dan melengkapi sarana pendidikan itu.

“Kita belajar seni peran dan belajar sama orang. Saya ingat sebelum kandang jurang ada, dia menjadi teman dan guru bagi kandang jurang,” tuturnya.

Didi Petet bakal dimakamkan usai salat Jumat, di pemakaman Tanah Kusir. Ia akan dimakamkan di depan makam almarhum Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta.

Didi Petet lahir di Surabaya pada 12 Juli 1956. Dia telah membintangi banyak film dan tampil di teater sejak era 80-an. Sebagai aktor terbaik yang pernah dimiliki Indonesia ini, peran-perannya di dunia film sangat ikonik dan membekas di hati pecinta film Indonesia.

Ia antara lain dikenal dengan perannya dalam film-film seperti “Catatan Si Boy” sebagai Emon, “Si Kabayan Saba Kota” sebagai Kabayan, “Petualangan Sherina”, “Pasir Berbisik”, “Ketika Cinta Bertasbih” dan “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”.

Didi Petet tak cuma dikenal sebagai aktor film. Ia juga aktor sinetron dan teater yang baik. Selamat jalan Didi Petet.(detik, liputan6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.