KABUPATEN Aceh Barat Daya menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2015 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Bupati Aceh Barat Daya Jufri Hasanuddin di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta, usai salat Jumat, 11 Desember 2015.

Kepada gubernur, bupati dan wali kota penerima penghargaan, Yasonna mengharapkan agar para kepala daerah lebih terdorong lagi untuk menghormati, memenuhi hak dan melindungi warganya. “Predikat itu haruslah dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” katanya.

Anugerah ini diberikan Kementerian Hukum dan HAM untuk kabupaten dan kota di Indonesia yang peduli terhadap kebutuhan-kebutuhan dasar warganya seperti pelayanan publik sebagai bagian dari hak asasi manusia. Indikator penilaian kabupaten/kota peduli HAM meliputi hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, dan hak perempuan.

Dasar penilaian kabupaten/kota peduli HAM berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 25 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Permenkumham nomor 11 Tahun 2013 tentang kriteria Kabupaten/kota peduli HAM. Penghargaan yang diberikan ini hasil penilaian Kementerian pada 2014.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan pemerintah atas berbagai upaya dan kerja keras kita bersama,” ungkap Jufri.

Sebagaimana diingatkan menteri, dia juga meminta agar seluruh aparatur di Kabupaten Aceh Barat Daya lebih giat lagi bekerja, mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar rakyat agar apresiasi pemerintah pusat itu jadi lebih bermakna.”Penghargaan ini bukanlah tujuan, tapi kita terima sebagai penyemangat untuk masa depan kabupaten ini ke depan,” ungkapnya.

Jufri Hasanuddin juga mengatakan penghargaan tersebut tidak lepas dari peran seluruh masyarakat Aceh Barat Daya.

Pemberian penghargaan merupakan bagian dari puncak peringatan hari HAM se-Dunia tahun 2015 yang  diselenggarakan Jumat pagi di Istana Presiden RI.

Untuk Aceh, yang menerima penghargaan tahun 2015 adalah Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Barat Daya.[]

RILIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.